sebelum mandaftar Google adsense, sebaiknya anda tahu aturan main di google adsense.
Kebijakan
Program Google Adsense
Untuk meningkatkan
kwalitas dan reputasi Google Adsense, semua publishers yang mendaftar diperiksa
berdasarkan kebijakan program ini.
Seperti anda lihat
beberapa kebijakan hanya relevan untuk publishers yang memilih menerima layanan
Google tertentu. Misalnya, hal-hal tentang "kotak cari / search box"
hanya berlaku untuk publishers yang memilih menerima layanan cari Google
/Google search, dan kebijakan tentang penempatan iklan Google pada sebuah situs
hanya berlaku untuk pubishers yang telah memilih untuk menerima iklan
kontekstual. Silahkan baca kebijakan ini dgn hati-hati dan asumsikan semuanya
berlaku untuk Anda, kecuali kebijakan tertentu menyatakan lain secara eksplisit.
Harap perhatikan
bahwa kami bisa merubah kebijakan ini setiap saat, dan berdasarkan Terms and
Conditions, anda bertanggung-jawab untuk tetap up-to-date dengan dan mematuhi
kebijakan yang ditampilkan disini.
Pemasangan
Iklan / Ad Placement
* Maksimum tiga
units ad (ad units) boleh dipasang di setiap halaman situs Web.
* Maksimum dua
kotak cari (search box) Google Adsense boleh dipasang pada setiap halaman.
* Satu unit link
(link units) boleh dipasang pada setiap halaman situs Web, bersamaan dgn units
ads dan kotak cari yang disebut diatas. Unit link dianggap iklan google /
Google ads dalam kebijakan program ini.
* Satu tombol
referral setiap prouct boleh dipasang di satu halaman, dan maksimum jumlah
tombol referral adalah 4 tombol per halaman, bersama-sama dgn unit ad, kotak
cari, dan unit link yang dijelaskan diatas. Tombol referral dianggap sebagai
iklan google / Google Ads dalam kebijakan program ini.
* Iklan Google
tidak boleh dipasang di halaman yang tidak mempunyai konten (non-content-based
pages).
* Iklan Google atau
Kotak Cari Google tidak boleh dipasang di situs domain parking, pop-ups,
pop-unders, atau didalam email.
* Iklan Google
tidak boleh dipasang pada halaman situs yang secara khusus dibuat untuk
menampilkan iklan, tidak peduli apakah isi halaman tersebut relevan.
* Elemen2 dalam
sebuah halaman situs tidak boleh mengaburkan bagian apapun dari iklan, dan
warna iklan harus sedemikian rupa sehingga elemen iklan, termasuk teks dan url,
selalu tampak jelas.
* Klik pada iklan
google tidak boleh mengakibatkan munculnya jendela browser baru.
Iklan
Alternatif / Alternate Ads
Jika anda telah
memilih menerima iklan kontekstual, anda bisa berupaya agar ruang iklan di
situs anda selalu digunakan secara efektif, anda bisa mengisinya dgn iklan
Google, atau konten pilihan anda dgn cara memasukkan alamat/url gambar atau
iklan pilihan anda. Namun, anda tidak boleh menggunakan iklan Google sebagai
iklan alternatif anda.
Software
Klien / Client Software
Sebuah situs atau
pihak ketiga tidak boleh menampilkan iklan, kotak cari, hasil cari, atau tombol
referral kami sebagai hasil dari kerja applikasi software apapun, misalnya
sebuah toolbar. Iklan google, kotak cari, kode referral tidak boleh dipasang di
applikasi software apapun. Halaman web yang berisi iklan, hasil cari, atau
tombol referral kami tidak boleh ditampilkan oleh software yang bisa memicu
pop-ups, mengalihkan pemakai ke situs yang tidak diingini, memodifikasi setting
browser, atau mengganggu navigasi situs. Anda bertanggung-jawab untuk
meyakinkan tidak ada jaringan atau affiliate iklan menggunakan metode untuk
mengarahkan trafik ke halaman yang mengandung kode Adsense anda. Akun yang
terlibat dalam tipe kegiatan seperti ini bisa ditutup selamanya.
Modifikasi
Kode / Code Modification
Setiap kode iklan
Adsense, kode kotak cari, atau kode referral harus dipasang langsung di halaman
Web tanpa modifikasi. Partisipan Adsense tidak diijinkan untuk merubah bagian
manapun dari kode iklan atau merubah layout, perilaku, sasaran, atau pemunculan
iklan, dengan alasan apapun.
Iklan dan
Layanan dari saingan / Competitive Ads and Services
Kami tidak
mengijinkan iklan Google atau kotak cari yang mengakses layanan cari Google
dipublikasikan di halaman web yang juga berisi apa yang bisa dianggap layanan
atau iklan dari kompetitor. Jika anda telah memeilih menerima iklan Google
kontekstual, peraturan ini termasuk semua links atau iklan kontekstual lainnya
pada halaman yang sama iklan Google. Peraturan ini juga termasuk iklan
diseluruh situs yang menyerupai iklan Google atau tampak seperti berhubungan
dgn google di situs anda. Meski anda bisa menjual iklan di situs anda, anda
bertanggung-jawab untuk meyakinkan iklan tersebut tidak menyerupai iklan Google.
Jika anda telah memilih menerima layanan cari Google, aturan ini mengcover
layanan cari lainnya pada situs yang sama dan iklan pencarian non-Google.
Namun, kami tetap membolehkan links affiliate dan teks-terbatas.
Material
Berhak-cipta / Copyrighted Material
Untuk mencegah
tuntutan yang berhubungan dengan hak-cipta, publishers tidak boleh menampilkan
iklan Google pada halaman web yang berisi MP3, Video, News Groups, dan Gambar
(image results ???).
Dialers
Situs anda tidak boleh
mengharuskan atau menyarankan pengunjung untuk mendownload sebuah dialer agar
bisa melihat isi situs anda.
Perangsang
/ Incentives
Halaman web tidak
boleh berisi perangsang jenis apapun agar pengunjung mengklik iklan Google. Hal
ini termasuk mengajak pengunjung untuk mengklik iklan atau mengunjungi situs
pemasang-iklan dan juga menarik perhatian (secara tidak pantas) ke iklan
Google. Misalnya, situs anda tidak boleh berisi kata-kata seperti "klik
disini," "dukung kami," "kunjungi link ini," atau
bahasa yang mirip yang bisa dipakai iklan apapun, tidak peduli isinya apapun.
Kegiatan ini sangat dilarang untuk mencegah potensi penggelembungan biaya
pemasang iklan. Juga, publishers tidak boleh membawa perhatian secara tidak wajar
ke situs-situs yang menampilkan ikan atau tombol referral melalui email massal
(unsolicited mass email) atau iklan yang tidak diinginkan pada situs pihak
ketiga. Publishers juga tidak diijinkan untuk menggunakan cara-cara yang
menipu/memperdayakan dan tidak alami untuk menarik perhatian atau mendorong
klik pada tombol referral.
Pelabelan
Iklan / labeling Ads
Publishers tidak
boleh memberi label iklan dengan teks selain "sponsored links" atau
"advertisements." Aturan ini mencakup setiap teks yang berada
langsung diatas iklan kami yang bisa dikacaukan dengan iklan google, atau yang
berusaha diasosiasikan dengan iklan Google.
Bahasa /
Language
Kode iklan Adsense
untuk iklan kontekstual bisa dipasang di halaman yang isinya terutama
menggunakan bahasa yang kami support. Iklan tidak boleh dipasang pada halaman
yang isinya terutama menggunakan bahasa yang tidak kami support.
Klik
danImpression Yang Dilarang / Prohibited Clicks and Impressions
Setiap metode yang
secara palsu menimbulkan klik atau impressions adalah sangat dilarang. Metode2
yang dilarang ini termasuk: klik atau impression manual berulang2, rangsangan
untuk mengklik atau menimbulkan impressions, menggunakan robot, alat klik
pembuat klik dan impression yang otomatis, layanan pihak ketiga yang
menghasilkan klik atau impressions seperti paid-to-click, paid-to-surf,
autosurf, and click-exchange programs, atau software apapun. Harap dicatat
bahwa klik pada iklan anda sendiri dengan alasan apapun tidak diperbolehkan,
untuk mencegah potensi penggelembungan biaya pemasang iklan.
Isi Situs /
Site Content
Situs tidak boleh
berisi:
* Kata2 jorok/cabul
yang berlebihan
* kekerasan,
rasialisme, atau membenci individu, kelompok, atau organisasi
* konten tentang
hacking/cracking
* obat dan
perlengkapan obat yang terlarang
* Pornography,
konten untuk orang dewasa.
* konten yang
berhubungan dengan perjudian atau kasino
* iklan yang
berlebihan
* Konten lainnya
yang mempromosikan kegiatan ilegal atau melanggar hak orang lain.
* Pop-ups, pop-unders
atau exit windows that mengganggu navigasi situs, mengaburkan iklan google,
merubah preferensi pemakai, atau untuk download. Tipe lain pop-ups, pop-unders,
atau exit windows dibolehkan, jika jumlah totalnya tidak lebih dari 5 per sessi.
* Keyword yang
berlebihan, berulang2, tidak relevan di dalam kontent atau kode halaman web.
* Isi atau
pembuatan situs yang bersifat menipu dan manipulasi dalam rangka untuk
memperbaiki rangking search-engine, misalnya Page Rank situs anda.
* Rangsangan
(berbasis uang atau point) ke pengunjung atau pihak ketiga untuk kegiatan
online termasuk, klik iklan atau links, melakukan search, mengunjungi situs,
membaca email, atau mengisi pooling.
* Penjualan atau
promosi senjata tertentu seperti senjata api, amunisi, balisongs, pisau
butterfly, dan brass knuckles
* Penjualan atau
promosi bir atau alkohol keras
* Penjualan atau
promosi tembakau atau produk tembakau
* penjualan atau
promosi obat yang diresepkan
* Penjualan atau
promosi produk yang merupakan replika atau imitasi produk designer.
Situs / Site
Functionality
Situs anda tidak
boleh berisi links yang mati (broken links) dan harus berfungsi dgn baik.
Respons Situs
/ Site Responsiveness
Situs anda harus
bisa merespons dgn baik terhadap requests dan enquiries dari pemakai.
Pedoman
Webmaster / Webmaster Guidelines
Selain kebijakan
diatas, partisipan Adsense diharuskan untuk mematuhi pedoman webmaster yang
tercantum di http://www.google.com/webmasters/guidelines.html .
Beberapa hal yang relevan dari pedoman tersebut dicantumkan dibawah untuk
referensi anda:
* Jangan memenuhi
halaman situs dengan keywords yang tidak relevan dan berlebihan
* Dilarang
menggunakan cloacking atau redirect.
* Jangan membuat
sejumlah halaman, subdomains, atau domains yang berisi konten yang sama.
* Usahakan tidak
menggunakan teks tersembunyi atau links tersembunyi
* Usahakan jumlah
links di satu halaman dalam jumlah yang wajar (kurang dari 100)
* Jangan melibatkan
diri dalam link schemes yang dirancang untuk menaikkan ranking situs atau
PageRank. Khususnya, jangan melakukan links ke spammer web atau "bad
neighborhoods" di web karena ranking situs anda akan rusak karena links
tersebut.
sumber : ads.id
sumber : ads.id