Archive Pages Design$type=blogging

Fakta dan Mitos kolesterol

mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tidak baik bagi tubuh? Apakah kita tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol?

Apakah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tidak baik bagi tubuh? Apakah kita tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol?

Fakta dan Mitos kolesterol

Kita sudah sering mendengar bahwa kolesterol adalah sesuatu yang jahat dan wajib dihindari.
Sayangnya kolesterol masih sering kali disalah pahami,banyak yang menyebutkan bahwa kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan resiko terkena penyakit jantung.
Kolesterol sesungguhnya dibutuhkan tubuh dan memang benar jika peningkatan kadarnya terutama jenis kolesterol jahat yaitu LDL (Low Density Lipoprotein),berpengaruh pada kesehatan jantung.Namun kolesterol baik atau HDL (High Density Lipoprotein) juga penting dalam pembentukan Membran Sel,beberapa hormon dalam tubuh,dan Vitamin D.Tersebar informasi lain mengenai kolesterol yang ternyata hanyalah mitos dan tidak benar adanya.
Agar kita tidak terjebak fakta dan mitos yang salah saya akan membahasnya dalam Fakta dan Mitos Seputar Kolesterol.

1.kolesterol selalu jahat

  kolesterol juga penting bagi tubuh.Sekitar 75% dihasilkan oleh tubuh,sedangkan 25% lainya diperoleh dari makanan.Sebagian besar kolesterol dihasilkan oleh Hati dan penting untuk berbagai proses.Termasuk produksi hormon,Vitamin D,serta untuk saraf dan otak.Meskipun dianggap berbahaya,kolesterol tetap dibutuhkan tubuh.Manusia rata-rata membutuhkan 1100 Mg kolesterol setiap hari,untuk memelihara dinding sel dan fungsi fisiologis lain.Dari jumlah ini 25-40% atau sekitar 300 Mg secara normal berasal dari makanan selebihnya disintesis oleh tubuh.Ada 2 macam kolesterol yang harus diamati yaitu: kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL).Kolesterol jahatlah yang membentuk plak di pembuluh arteri yang menimbulkan penyakit jantung.Sebaliknya kolesterol baik yang membantu untuk mengeluarkan kolesterol jahat dari darah.Semakin tinggi HDL akan semakin baik.

2.Gejala Kolesterol Tinggi bisa dilihat

  Sayangnya banyak yang tidak mengetahui dirinya kadar kolesterol tinggi dalam darah,Karen biasanya kondisi hadir tanpa gejala.Beberapa orang mengetahui bahwa dirinya memiliki kadar kolesterol tinggi setelah terjadi serangan jantung atau stroke.Untuk memastikan seseorang memiliki kadar kolesterol tinggi lakukanlah pemeriksaan kolesterol rutin setiap tahun mulai usia 20 tahun.Sebenarnya ada beberapa gejala umum penderita kolesterol,namun gejala ini hampir sama dengan penyakit lain hingga tidak spesifik.Gejala umum dari kolesterol adalah klaudikasio yakni sakit pada bagian kaki atau timbul rasa tidak nyaman di bagian kaki. Hal ini disebabkan oleh tersumbatnya pembuluh arteri sehingga aliran darah yang seharusnya aliran darah masuk ke kaki menjadi terhambat.Penderita kolesterol tinggi juga sering mengeluh pada beberapa jari tangannya seperti mengalami mati rasa. Gejala lain adalah pundak yang sering sakit,pusing,serta mudah lelah.Berlebihnya kolesterol juga akan menghambat sirkulasi dar,karena terjadi penyempitan pembuluh darah.Akibatnya jantung bekerja memompa darah lebih keras agar darah mengalir secara normal,efek samping yang dirasakan penderita adalah rasa sakit di jantung dan terkadang merasa berdebar-debar seperti orang panik.

3.Kolesterol hanya bisa disembuhkan dengan obat

  Benarkah kolesterol hanya bisa disembuhkan dengan obat?.Faktanya secara utama untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah adalah melalui diet atau pengaturan pola makan yang sehat,olahraga.dan pengobatan.Para ahli kesehatan menyarankan untuk menurunkan kolesterol secara alami,misalnya denga mempertahankan berat badan yang sehat,lakukan aktifitas fisik minimal 30menit setiap hari.Mereka juga menyarankan agar kita mengkonsumsi makanan sehat hingga mengurangi lemak jenuh hingga kurang dari 7% dari kalori harian.Selain itu olahraga dapat menurunkan LDL dan meningkatkan HDL,batasi konsumsi makanan yang digoreng,makan lebih banyak serat yang berasal dari sayuran dan buah dan tingkatkan asam lemak omega3 dengan memakan ikan atau suplemen minyak ikan.Apabila pengaturan makanan dan olahraga saja tidak cukup anda,maka dokter  kemungkinan akan merekomendasikan penggunaan obat.

COMMENTS

BLOGGER: 2
Loading...
Nama

Adsense Blog Tips Budaya Dunia Ekonomi Entertainment Gadget Kesehatan Lifestyle Otomotif Politik Sastra Sejarah Sosial Sport Teknologi Wisata
false
ltr
item
Blogger United: Fakta dan Mitos kolesterol
Fakta dan Mitos kolesterol
mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol tidak baik bagi tubuh? Apakah kita tidak boleh mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgGXu6FKzTKf9jjuL-pwLn3avPNFxR0zaGZQwSc33EAYQ_UAjmD5b62bAsgWcYyjIhJyNqUSGKdgqH31kdGi7On0kRdSGY6_UW37MdDMnU6l5M_jdxQ9VEDQgOyW1O2vNHx84KTSzcu7Yc/s400/Kolesterol-fakta-mitos.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgGXu6FKzTKf9jjuL-pwLn3avPNFxR0zaGZQwSc33EAYQ_UAjmD5b62bAsgWcYyjIhJyNqUSGKdgqH31kdGi7On0kRdSGY6_UW37MdDMnU6l5M_jdxQ9VEDQgOyW1O2vNHx84KTSzcu7Yc/s72-c/Kolesterol-fakta-mitos.jpg
Blogger United
http://united-blogger.blogspot.com/2016/01/fakta-dan-mitos-kolesterol.html
http://united-blogger.blogspot.com/
http://united-blogger.blogspot.com/
http://united-blogger.blogspot.com/2016/01/fakta-dan-mitos-kolesterol.html
true
7889382263437255944
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago